Fikih Istikharah

GambarFikih Sholat Istikharah

Sesungguhnya sholat istikharah bukan sebatas sholat sunnah dua rakaat dan diikuti dengan doa-doa yang khusus, tetapi merupakan sholat yang mengandung makna makna Ubudiyah. makna Ubudiyah ini berarti bahwa kita beribadah kepada allah swt dengan merasakan, memahami dan menghadirkan jiwa kita. ubudiyyah ini tercermin dalam sikap, ekspresi ketika kita sholat.

Disampaikan oleh jabir bahwa kami diajarkan oleh rasululloh saw untuk beristikharah dalam berbagai urusan dan kalau kalian merasa ragu dalam suatu urusan maka ruku’ lah kalian diluar sholat wajib dan waktu-waktu yang dilarang untuk sholat.

Hadist diatas menjelaskan bahwasanya sholat istikharah tidak hanya dilakukan ketika akan menikah tapi pada berbagai macam urusan yang kita merasa ragu melakukannya. Tidak hanya dalam masalah yang besar tetapi dalam hal yang kecil pun dianjurkan oleh Rasululloh saw untuk sholat istikharah. contohnya ketika bingung untuk memilih mata kuliah, bingung ketika memilih antara silaturahim atau bekerja.

Sholat istikharah dilakukan ketika kita memiliki banyak pilihan yang membuat kita ragu dan bingung dalam memilih yang terbaik, olehkarena itu meminta bantuan Allah swt dalam hal ini sangat penting. Allah swt maha mengetahui yang terbaik untuk kita. sesuai dengan firman Allah swt dalam surat Al baqarah ayat 216 yang berbunyi

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216)”

sholat istikharah dilakukan karena kita memiliki pilihan-pilihan yang baik atau boleh secara syar’i. sholat istikharah dilarang ketika kita mengetahui bahwa kita memiliki pilihan yang tidak baik atau tidak boleh sacara syar’i,. Sholat istikharah kepada allah swt untuk mendapatkan satu pilihan terbaik menurut allah swt di antara pilihan pilihan baik lainnya.

Adapun doa-doa yang dianjurkan untuk kita baca yaitu

sumber : kajian rutin pagi Hari masjid madliyyah UGM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: