Menikah (memilih menurut islam)

cincinAbu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda : perempuan itu dinikahi karena empat hal, yaitu harta, keturunan, kecantikan dan agamanya. Dapatkan lah wanita yang taat beragama, maka engakau akan bahagia (muttafaq alaih).

Seorang penjaga kebun, Mubarak yang terkenal dengan kejujuran dan keluasan ilmu agamanya. Pada suatu hari majikan mubarak bertanya kepada mubarak, “hai mubarak saya sedang mencari seorang laki-laki yang akan aku nikahkan dengan putri ku, menurut mu laki-laki seperti apa yang cocok dan saya utamakan? ” mubarak pun menjawah “wahai tuan ku Rasulullah saw bersabda nikahi lah perempuan karena empat hal, yaitu harta, keturunan, kecantikan dan agama nya. kemudian lanjut mubarak “Seorang yahudi menikahkan karena melihat kekayaan nya, seorang nashrani menikahkan karena kekayaan nya dan bangsa quraish menikahkan karena melihat nasab atau keturunan nya, dan seorang muslim menikahkan karena agamanya. nikahkan lah dengan seorang yang baik agama nya. ternyata majikan nya Mubarak memilih menikahkan putrinya dengan mubarak. tak ada laki-laki yang saya kenal saat ini yang paling baik agamanya melebihi dirimu Mubarak, maka menikahlah dengan putri ku, kata majikan nya. Alhamdulillah dengan pernikahan itu lahir lah seorang ulama besar Abdullah bin Mubarak salah satu guru besar dari Imam Al Ghazali

seorang yang memiliki visi akhirat tujuan hidup nya akhirat maka persoalan dunia seperti kecantikan, harta, dan nasab tidak akan menjadi periritas utama, karena yakin bahwasanya pernikahan yang didasarkan agama dan ketakwaan akan berbuah kenyamanan dan ketentraman hati. kecantikan tidak akan selamanya tetap cantik, harta tidak akan selamanya tersedia, keturunan tidak selamanya baik, tetapi agama senantiasa membawa kita kepada Allah swt dan surganya yang tidak hanya di dunia tapi juga sampai ke akhirat.

Wallahu’alam

About herumu512

Hamba Allah swt, Pengembara, Pencari dan Pengajar Ilmu

Posted on May 15, 2013, in Cinta, Religion. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: