Cinta, Usaha dan Kerja Keras

IMG_2533Ku mulai tulisan ini dengan sebuah kutipan tulisan dari ustadz Salim A Fillah

Mata airnya adalah niat baik dan hati yang tulus

aliran nya adalah kerja yang terus menerus

Suatu ketika Umar Berkata kepada Rasululloh saw, “ya Rasul aku mencintaimu seperti aku mencintai diriku sendiri”. Kemudian Rasululloh saw menjawab tidak umar, Engkau harus mencinta Allah swt, diri ku melebihi cinta mu pada dirimu sendiri dan keluargamu. Umar berkata ya Rasululloh saw “aku mencintai mu melebihi cinta ku pada diriku dan keluarga. Begitu mudahnya Beliau Umar ra mengubah kata-katanya.

Mungkin bagi kita adalah sesuatu yang sangat sulit. Mengubah rasa suka dan cinta kita kepada seseorang, tetapi Umar ra begitu mudahnya terlontar dari mulutnya, itu karena Umar mencintai Allah swt dan rasulnya tidak hanya perihal rasa hati tapi juga usaha dan kerja keras untuk mencintai Allah swt dan Rasul nya.

Ketika Umar ra menyatakan cinta nya kepada allah swt dan rasul Muhammad saw yang melebihi cinta nya kepada dirinya sendiri. Beliau membuktikannya dalam bentuk usaha beliau memperjuangkan agama islam, menjadi orang yang berada digaris terdepan melindungi Rasululloh saw dll. Beliau berjihad menyerahkan seluruh jiwa, harta bahkan nyawa agar islam bisa terus tegak dibumi Allah swt. Begitu besar Cinta beliau kepada Islam Allah dan rasul nya. seorang penyair pernah berkata ketika engkau menyatakan bahwa engkau mencintai seseorang maka bersiap-siaplah untuk memberikan segala nya dan cinta yang hakiki inilah cinta kepada Allah dan rasul nya. Begitu dahsyat nya cinta ini ia meminta segala nya dari mu, ia  ada tapi tidak terlihat yang ada hanyalah sebuah kerja yang akan menuntun mu pada cinta.

Sejuk nya udara di pagi hari dan hangat nya sinaran mentari pagi, Angin yang berhembus tenang dan mendamaikan menambah keindahan ciptaan mu ya Allah swt. Bisa dirasakan tapi tidak bisa dilihat. Ketika itu datang engkau hanya bisa merasakan menikmati betapa indah nya tapi tidak bisa engkau lihat. Angin topan yang berhembus datang begitu cepatnya hingga engkau tidak dapat untuk menghindar dari nya. Itu lah “Cinta” sebagaimana sebuah tulisan dari Ustadz Anis Mata cinta ditakdirkan jadi kata tanpa benda. Tak terlihat. Hanya terasa. Tapi dahsyat. Seorang yang dilanda rasa Cinta, akan memberikan segalanya pikiran, hati, waktu dll. Berusaha untuk menjaga dan berbuat yang terbaik untuk sesuatu yang dicintainya. Maka ketika para sahabat menyatakan cinta nya kepada Allah swt dan rasul nya, mereka akan berusaha untuk mengerjakan seluruh perintahnya dan larangannya. Mereka siap untuk melindungi Agama dan dakwah walaupun nyawa menjadi taruhan nya.

Cinta itu adalah sebuah kata kerja (ust Salim A Fillah). Cinta melampaui batas-batas antara suka dan tidak suka. Ketika berdakwah mengajak kepada kebaikan dan menjauhi keburukan, dakwah tidak hanya sebagai rutinitas saja tapi sebagai bentuk cinta kita kepada dakwah, Allah swt dan rasul nya. Ta’at dan patuh kepada perintahnya. Kita memberikan bentuk kerja nyata, usaha kita untuk mendapatkan cinta nya allah swt. Cinta itu mengambil segalanya dari mu, ketika engkau mencintai dakwah maka berikanlah pikiran dan hati mu untuk dakwah. Ketika seorang Ikhwan yang menikahi seorang akhwat yang belum pernah ia kenal sebelumnya, maka ketika sebuah ikatan terbentuk, yang ada hanyalah usaha dan kerja nyata sebagai usaha untuk saling mencintai karena cinta adalah sebuah kata kerja.

Terkadang Cinta bisa menjadi hal tidak terkendali dan salah dalam menempatkan nya. Seperti angin yang tadi nya sejuk berubah menjadi Topan/badai yang menghancurkan, api yang tadinya kecil bisa membesar dan menghanguskan segalanya, Air yang bisa menghanyutkan segalanya. Cinta Layla-Majnun seperti yang telah ditulis sebelumnya bagaimana seorang pemuda yang akhirnya kehilangan kontrol hidupnya karena cinta yang berlebihan dan salah kepada seorang wanita. Allah swt menciptakan rasa suka dan cinta ini untuk semakin memantapkan ibadah kita kepada nya, semakin menyempurnakan amal sholeh kita kepada nya.

wallahu’alam bisa showab

Cinta ku untuk mu ya Allah swt

by Heru Anggara

About herumu512

Hamba Allah swt, Pengembara, Pencari dan Pengajar Ilmu

Posted on February 13, 2013, in Cinta, Religion and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: